Thursday, October 17, 2013

PENELITIAN PENDIDIKAN



METODE PENELITIAN PENDIDIKAN

Umi Salamah





PENELITIAN KUALITATIF
Ciri-Ciri Umum:
-        Model ada beberapa alternatif
-        Bersifat holistik kontekstual (menyeluruh dan terbatas pada konteks tertentu)
-        Fokus harus jelas
-        Data berupa verbal/kata-kata
-        Peneliti sebagai istrumen kunci
-        Bersifat deskriptif dengan analisis induktif
-        Simpulan bersifat kasuistis atau tidak dapat digeneralisasikan

SISTEMATIKA PENELITIAN KUALITATIF
Format Penulisan
Bagian awal
-        Halaman Sampul
-        Halaman Judul
-        Lembar Persetujuan
-        Lembar Pengesahan
-        Abstrak Dan Kata Kunci
-        Kata Pengantar
-        Daftar Isi
-        Daftar Tabel (Jika Menggunakan Tabel)
-        Daftar Gambar (Jika Menggunakan Gambar)
-        Daftar Lampiran (Jika Ada Lampiran-Lampiran)

Bagian inti
Alternatif 1
-        BAB I  PENDAHULUAN
-        BAB II  METODE PENELITIAN
-        BAB III PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN
-        BAB IV PEMBAHASAN
-        BAB V PENUTUP

Alternatif 2
-          BAB I  PENDAHULUAN
-          BAB II KAJIAN PUSTAKA
-          BAB III METODE PENELITIAN
-          BAB IV PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN
-          BAB V PEMBAHASAN
-          BAB VI PENUTUP

Alternatif 3
-          BAB I  PENDAHULUAN
-          BAB II PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN
-          BAB III PENUTUP

BAB I  PENDAHULUAN
Alternatif 1
-          KONTEKS PENELITIAN/LATAR BELAKANG MASALAH
-          FOKUS PENELITIAN ATAU RUMUSAN MASALAH
-          TUJUAN PENELITIAN
-          LANDASAN TEORI
-          KEGUNAAN PENELITIAN

Alternatif 2
-          KONTEKS PENELITIAN/LATAR BELAKANG MASALAH
-          FOKUS PENELITIAN ATAU RUMUSAN MASALAH
-          TUJUAN PENELITIAN
-          KEGUNAAN PENELITIAN

Alternatif 3
-          KONTEKS PENELITIAN/LATAR BELAKANG MASALAH
-          FOKUS PENELITIAN ATAU RUMUSAN MASALAH
-          TUJUAN PENELITIAN
-          LANDASAN TEORI
-          KEGUNAAN PENELITIAN
-          METODE PENELITIAN
-          LANDASAN TEORI

Latar Belakang
-        Dasar pemikiran peneliti (apa, mengapa dan bagaimana memilih topik penelitian.
-        Menunjukkan bukti-bukti empirik penelitian sebelumnhya.
-        Teori yang mendasari masalah yang diteliti.
-        Tujuan dan masalah secara umum
-        Manfaat/kontribusi yang bisa diberikan.

Rumusan Masalah
-          Mengajukan sejumlah pertanyaan yang bersumber dari masalah yang telah dipilih/dibatasi
-          Rumusan masalah dinyatakan dalam bentuk pertanyaan atau pernyataan negatif.
Misalnya:
1)      Bagaimanakah nilai moral kepada orang tua  dalam dongeng Cinderella?
2)      Belum diketahui nilai moral kepada orang tua  dalam dongeng Cinderella?

Tujuan Penelitian
-          Tujuan penelitian dirumuskan menjadi tujuan umum dan tujuan khusus.
-          Tujuan Umum dirumuskan sesuai dengan judul.
-          Tujuan Khusus dirumuskan sesuai dengan rumusan masalah.
Misalnya:
1)      Untuk mengetahui nilai moral kepada orang tua  dalam dongeng Cinderella
2)      Untuk memperoleh gambaran yang objektif tentang nilai moral kepada orang tua  dalam dongeng Cinderella.
Kegunaan/Manfaat Penelitian
-        Dijelaskan  manfaat penelitian, baik yang bersifat teoritis maupun praktis.
-        Manfaat praktis= manfaat yang dikaitkan dengan kepentingan praktis di lapangan, misalnya bagi kepala sekolah, guru, siswa, orang tua, dan Dinas pendidikan.
-        Manfaat teoritis= manfaat yang dikaitkan dengan pengembangan ilmu, misalnya bagi penulis buku dan peneliti selanjutnya.

Definisi Istilah/Definisi Operasional
-          Definisi operasional disebut juga definisi istilah atau penegasan istilah.
-          Artinya menjelaskan dengan bahasa peneliti tentang istilah-istilah kunci yang digunakan dalam penelitian.
Contoh:
Latar/setting ialah gambaran tempat, waktu, dan properti yang digunakan tokoh dalam cerita.

BAB II KAJIAN PUSTAKA
-          Dijelaskan teori-teori yang menjadi dasar pelaksanaan penelitian.
-          Cara menjelaskan dapat dilakukan dengan cara:
a.      Mengutip setiap pendapat lalu dijelaskan penulis, diakhiri dengan simpulan pilihan penulis.
b.      Mengutip beberapa pendapat baru disimpulkan oleh penulis, diakhiri dengan simpulan pilihan penulis.
-          Cara merujuk/mengutip sesuai dengan pedoman (baik langsung maupun tidak langsung)
a.      Disebutkan nama dulu: Sumanto (2003:14) …….
b.      Nama disebut terakhir: .....… (Sumanto, 2003:14)

BAB III METODE PENELITIAN
-          Pendekatan dan jenis penelitian. Dijelaskan pendekatan kualitatif dan alasannya serta jenis penelitian, misalnya etnografis, studi kasus, interaktif, tindakan, partisipatoris.
-          Kehadiran Peneliti: Dijelaskan peran peneliti sebagai instrumen kunci, dan perannya sebagai partisipan penuh, pengamat pertisipan, atau pengamat penuh.
-          Lokasi penelitian: Dijelaskan tentang karakteristik lokasi dan alasan pemilihan lokasi (misalnya dari segi kemenarikan, keunikan, dan kesesuaian dengan topik yang dipilih)
-          Sumber Data: Dijelaskan jenis nada, sumber data, dan teknik penjaringan data (misalnya apa datanya, bagaimana karakteristiknya, siapa yang dijadikan subjek dan informan, dan bagaimana menentukan instrumen.
-          Prosedur Pengumpulan Data: Dijelaskan teknik pengumpulan data yang digunakan (misalnya observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi) dari segi fidelitas atau alat yang digunakan (rekaman atau catatan lapangan) dan dari segi struktur (sistematika dan struktur bahan wawancara atau observasi)
-          Analisis Data: dijelaskan teknik analisis data yang digunakan, misalnya analisis domain, taksonomis, komponensia, analisis mengalir/flow model of analysis, dan analisis interaktif/ interactive model of analysis.
-          Pengecekan Keabsahan data/verifikasi: Dijelaskan teknik verifikasi data yang digunakan, misalnya triangulasi (sumber, metode, peneliti, teori), pembahasan sejawat, pengecekan.
-          Tahapan Penelitian: Dijelaskan tahap-tahap yang meliputi tahap persiapan (studi literatur,pengembangan disain), tahap pelaksanaan (pengumpulan data, analisis data, verifikasi dan penyimpulan), sampai tahap penyelesaian (konsultasi pembimbing, revisi draf, penggandaan, dan penyimpulan).

BAB IV PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN
-          Berisi deskripsi hasil penelitian yang diperoleh sesuai dengan topik/rumusan masalah. Temuan data dapat berupa bentuk pola, tema, kecenderungan, motif yang disertai dengan kutipan-kutipan/gambar data.


BAB V PEMBAHASAN
-          Pembahasan berisi uraian yang menjelaskan hasil temuan dan relevansinya atau keterkaitannya dengan teori sebelumnya yang dijadikan landasan penelitian.

BAB VI PENUTUP
-          Penutup berisi simpulan dan saran
-          Simpulan berisi ringkasan permasalah dilengkapi dengan pendapat peneliti
-          Saran ditujukan untuk kepentingan praktis (Kepala sekolah, guru, siswa, orang tua, Dinas Pendidikan) dan teoritis (Peneliti selanjutnya, penulis buku).

DAFTAR RUJUKAN
-          Daftar rujukan berisi daftar sumber rujukan/kutipan, baik yang berupa buku,majalah, internet, dan lain-lain.
-          Cara menulis dengan urutan nama pengarang (jika dua/lebih kata nama belakang di depan) tahun terbit, judul (cetak miring). Kota terbit: Penerbit.
Contoh:
Fachrudin, Mohammad Syahdan. 2007. Belajar Mengarang Cerpen Remaja. Malang: YA3.

LAMPIRAN
Berisi:
-          SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI
-          SURAT IZIN PENGAMBILAN DATA
-          SAMPEL INSTRUMEN
-          DATA KASAR

PERBEDAAN PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF
Kuantiitatif:
-          Bertujuan menguji hipotesis (jika dua variabel/lebih)
-          Teknik pengambilan data: survey, tes, wawancara, task
-          Disain penelitian spesifik dan ditentukan sejak awal.
-          Instrumen: tes dan nontes
-          Data berupa angka
-          Menggunakan istilah sampel dan populasi
-          Hasil dapat digeneralisasikan

Kualitatif:
-          Bentujuan memperoleh pemahaman, mengembangkan teori dan menggambarkan realitas.
-          Observasi, wawancara mendalam, studi dokumentasi
-          Fleksibel, berkembang sesuai dengan situasi lapangan.
-          Instrumen peneliti sendiri dan peralatan elektronik
-          Data berupa verbal
-          Menggunakan istilah data dan sumber data
-          Hasil bersifat kasuistis

























PENELITIAN KUANTITATIF

Ciri-Ciri Umum:
-          Format cenderung baku sesuai dengan gaya selingkung PT
-          Data berupa angka-angka
-          Pengolahan data dengan teknik statistik
-          Menggunakan populasi dan atau sampel
-          Simpulan dapat digeneralisasikan

SISTEMATIKA PENELITIAN KUANTATIF
Format Penulisan
Bagian Awal
-          Halaman Sampul
-          Halaman Judul
-          Lembar Persetujuan
-          Lembar Pengesahan
-          Abstrak Dan Kata Kunci
-          Kata Pengantar
-          Daftar Isi
-          Daftar Tabel (Jika Menggunakan Tabel)
-          Daftar Gambar (Jika Menggunakan Gambar)
-          Daftar Lampiran (Jika Ada Lampiran-Lampiran)

Bagian Inti
-          BAB I  PENDAHULUAN
-          BAB II KAJIAN PUSTAKA
-          BAB III METODE PENELITIAN
-          BAB IV HASIL PENELITIAN
-          BAB V PEMBAHASAN
-          BAB VI PENUTUP

BAB I  PENDAHULUAN
-          LATAR BELAKANG MASALAH
-          RUMUSAN MASALAH
-          TUJUAN PENELITIAN
-          HIPOTESIS PENELITIAN (JIKA ADA)
-          KEGUNAAN PENELITIAN
-          ASUMSI PENELITIAN (JIKA DIPERLUKAN)
-          RUANG LINGKUP DAN KETERBATASAN PENELITIAN
-          DEFINISI ISTILAH/DEFINISI OPERASIONAL

Latar Belakang
-          Dasar pemikiran peneliti (mengapa dan bagaimana memilih topik penelitian.
-          Menunjukkan bukti-bukti empirik penelitian sebelumnhya.
-          Teori yang mendasari masalah yang diteliti.
-          Tujuan dan masalah secara umum.

Rumusan Masalah
-          Mengajukan sejumlah pertanyaan yang bersumber dari masalah yang telah dipilih/dibatasi
-          Rumusan masalah dinyatakan dalam bentuk pertanyaan atau pernyataan negatif.
Misalnya:
1)      Bagaimanakah prestasi belajar bahasa Indonesia  siswa kelas V SDN Tumpang tahun pelajaran 2005/2006?
2)       Belum diketahuiprestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Tumpang tahun pelajaran 2005/2006?

Tujuan Penelitian
-          Tujuan penelitian dirumuskan menjadi tujuan umum dan tujuan khusus.
-          Tujuan Umum dirumuskan sesuai dengan judul.
-          Tujuan Khusus dirumuskan sesuai dengan rumusan masalah.
Misalnya:
1)      Untuk memperoleh deskripsi tentang …
2)      Untuk memperoleh gambaran yang objektif tentang …
Kegunaan/Manfaat Penelitian
-          Dijelaskan  manfaat penelitian, baik yang bersifat teoritis maupun praktis.
-          Manfaat praktis= manfaat yang dikaitkan dengan kepentingan praktis di lapangan, misalnya bagi kepala sekolah, guru, siswa, orang tua, dan Dinas pendidikan.
-          Manfaat teoritis= manfaat yang dikaitkan dengan pengembangan ilmu, misalnya bagi penulis buku dan peneliti selanjutnya.

Hipotesis Penelitian
-          Hipotesis dijelaskan jika penelitian menghubungkan dua variabel atau lebih.
-          Variabel ialah faktor yang bila diukur memberikan nilai yang bervariasi.
-          Variabel pada penelitian kuantitatif ada 5 macam, yaitu:
-          Variabel bebas= variabel yang merupakan penyebab timbulnya variabel lain.
-          Variabel terikat/bergantung= variabel yang timbul sebagai akibat dari pengaruh variabel bebas.
-          Variabel moderator= variabel yang dapat diamanti dan  diduga ikut berpengaruh pada variabel bebas dan variabel terikat.
-          Variabel kontrol= variabel untuk menetralkan pengaruh terhadap variabel tergantung.
-          Variabel antara= Variabel yang tidak dapat diamati tetapi berpangaruh pada variabel bebas dan variabel tergantung.

Asumsi
-          Asumsi = anggapan dasar atau pernyataan umum yang tidak perlu dibuktikan kebenarannya.
Contoh:
1.      Siswa kelas V SDN Ngaglik 1 menggunakan kurikulum 2004.
2.      Apresiasi sastra terdapat dalam kurikulum SD 2004 kelas V SD.
Ruang Lingkup Dan Keterbatasan Penelitian

Definisi Istilah/Definisi Operasional
-          Definisi operasional disebut juga definisi istilah atau penegasan istilah.
-          Artinya menjelaskan dengan bahasa peneliti tentang istilah-istilah kunci yang digunakan dalam penelitian.
Contoh:
Latar/setting ialah gambaran tempat, waktu, dan properti yang digunakan tokoh dalam cerita.

BAB II  KAJIAN PUSTAKA
-          Dijelaskan teori-teori yang menjadi dasar pelaksanaan penelitian.
-          Cara menjelaskan dapat dilakukan dengan cara:
a.      Mengutip setiap pendapat lalu dijelaskan penulis, diakhiri dengan simpulan pilihan penulis.
b.      Mengutip beberapa pendapat baru disimpulkan oleh penulis, diakhiri dengan simpulan pilihan penulis.
-          Cara merujuk/mengutip sesuai dengan pedoman (baik langsung maupun tidak langsung)
a.      Disebutkan nama dulu: Sumanto (2003:14) …….
b.      Nama disebut terakhir: ……… (Sumanto, 2003:14)

BAB III  METODE PENELITIAN
-          Rancangan/Desain Penelitian (hanya untuk penelitian eksperimen, sedang lainnya hanya dijelaskan jenis penelitian dari segi tujuan dan sifatnya, serta variabel-variabel dan sifat hubungan antarvariabel dalam penelitian)
-          Populasi Dan Sampel (Yang Diibahas batasan tentang populasi/subjek penelitian, besar populasi, batasan, teknik, dan prosedur pengambilan sampel, dan besarnya sampel)
-          Instrumen Penelitian (Instrumen dapat berupa tes dan non tes). Jelaskan jenis, kisi-kisi, dan ujicoba isntrumen: waktu, proses, validitas dan  reliabilitas instrumen)
-          Teknik Pengumpulan Data (dapat dilakukan dengan tes, penugasan, wawancara, angket, cheklist). Jelaskan waktu, tempat, dan prosedurnya.
-          Teknik Analisis Data ( Jelaskan teknik statistik dan prosedur pengolahan data).

BAB IV HASIL PENELITIAN
-          Berisi deskripsi temuan hasil penelitian permasalah sesuai dengan rumusan masalah

BAB V PEMBAHASAN
-          Pembahasan berisi uraian yang menjelaskan hasil temuan dan relevansinya terhadap teori yang dijadikan landasan dan hipotesis yang telah dirumuskan.


BAB VI PENUTUP
-          Penutup berisi simpulan dan saran
-          Simpulan berisi ringkasan permasalah dilengkapi dengan pendapat peneliti
-          Saran ditujukan untuk kepentingan praktis (Kepala sekolah, guru, siswa, orang tua, Dinas Pendidikan) dan teoritis (Peneliti selanjutnya, penulis buku)

DAFTAR RUJUKAN
-          Daftar rujukan berisi daftar sumber rujukan/kutipan, baik yang berupa buku,majalah, internet, dan lain-lain.
-          Cara menulis dengan urutan nama pengarang (jika dua/lebih kata nama belakang di depan) tahun terbit, judul (cetak miring). Kota terbit: Penerbit.
Contoh:
Fachrudin, Mohammad Syahdan. 2007. Belajar Mengarang Cerpen Remaja. Malang: YA3.


LAMPIRAN
Berisi:
-        Surat Pernyataan Keaslian Skripsi
-        Surat Izin Pengambilan Data
-        Sampel Instrumen
-        Data Kasar

PERBEDAAN PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF
Kuantitatif:
-        Bertujuan menguji hipotesis (jika dua variabel/lebih)
-        Teknik pengambilan data: survey, tes, wawancara, task
-        Disain penelitian spesifik dan ditentukan sejak awal.
-        Instrumen: tes dan nontes
-        Data berupa angka
-        Menggunakan istilah sampel dan populasi
-        Hasil dapat digeneralisasikan

Kualitatif:
-        Bentujuan memperoleh pemahaman, mengem-bangkan teori dan menggambarkan realitas.
-        Observasi, wawancara mendalam, studi dokumentasi
-        Fleksibel, berkembang sesuai dengan situasi lapangan.
-        Instrumen peneliti sendiri dan peralatan elektronik
-        Data berupa verbal
-        Menggunakan istilah data dan sumber data
-        Hasil bersifat kasuistis

No comments:

Post a Comment