METODE PENELITIAN PENDIDIKAN
Umi Salamah
PENELITIAN
KUALITATIF
Ciri-Ciri Umum:
-
Model ada beberapa alternatif
-
Bersifat holistik kontekstual
(menyeluruh dan terbatas pada konteks tertentu)
-
Fokus harus jelas
-
Data berupa verbal/kata-kata
-
Peneliti sebagai istrumen kunci
-
Bersifat deskriptif dengan analisis
induktif
-
Simpulan
bersifat kasuistis atau tidak dapat digeneralisasikan
SISTEMATIKA
PENELITIAN KUALITATIF
Format Penulisan
Bagian awal
-
Halaman Sampul
-
Halaman Judul
-
Lembar Persetujuan
-
Lembar Pengesahan
-
Abstrak Dan Kata Kunci
-
Kata Pengantar
-
Daftar Isi
-
Daftar Tabel (Jika Menggunakan Tabel)
-
Daftar Gambar
(Jika Menggunakan Gambar)
-
Daftar Lampiran (Jika Ada
Lampiran-Lampiran)
Bagian inti
Alternatif 1
-
BAB I
PENDAHULUAN
-
BAB II METODE PENELITIAN
-
BAB III PAPARAN DATA DAN TEMUAN
PENELITIAN
-
BAB IV PEMBAHASAN
-
BAB V PENUTUP
Alternatif 2
-
BAB I
PENDAHULUAN
-
BAB II KAJIAN PUSTAKA
-
BAB III METODE PENELITIAN
-
BAB IV PAPARAN DATA DAN TEMUAN
PENELITIAN
-
BAB V PEMBAHASAN
-
BAB VI PENUTUP
Alternatif 3
-
BAB I
PENDAHULUAN
-
BAB II PAPARAN DATA DAN TEMUAN
PENELITIAN
-
BAB III PENUTUP
BAB I
PENDAHULUAN
Alternatif 1
-
KONTEKS PENELITIAN/LATAR BELAKANG
MASALAH
-
FOKUS PENELITIAN ATAU RUMUSAN MASALAH
-
TUJUAN PENELITIAN
-
LANDASAN TEORI
-
KEGUNAAN PENELITIAN
Alternatif 2
-
KONTEKS PENELITIAN/LATAR BELAKANG
MASALAH
-
FOKUS PENELITIAN ATAU RUMUSAN MASALAH
-
TUJUAN PENELITIAN
-
KEGUNAAN PENELITIAN
Alternatif 3
-
KONTEKS PENELITIAN/LATAR BELAKANG
MASALAH
-
FOKUS PENELITIAN ATAU RUMUSAN MASALAH
-
TUJUAN PENELITIAN
-
LANDASAN TEORI
-
KEGUNAAN PENELITIAN
-
METODE PENELITIAN
-
LANDASAN TEORI
Latar Belakang
-
Dasar pemikiran peneliti (apa, mengapa
dan bagaimana memilih topik penelitian.
-
Menunjukkan bukti-bukti empirik
penelitian sebelumnhya.
-
Teori yang
mendasari masalah yang diteliti.
-
Tujuan dan
masalah secara umum
-
Manfaat/kontribusi
yang bisa diberikan.
Rumusan
Masalah
-
Mengajukan
sejumlah pertanyaan yang bersumber dari masalah yang telah dipilih/dibatasi
-
Rumusan
masalah dinyatakan dalam bentuk pertanyaan atau pernyataan negatif.
Misalnya:
1)
Bagaimanakah nilai moral kepada orang
tua dalam dongeng Cinderella?
2)
Belum diketahui nilai moral kepada
orang tua dalam dongeng Cinderella?
Tujuan Penelitian
-
Tujuan
penelitian dirumuskan menjadi tujuan umum dan tujuan khusus.
-
Tujuan Umum
dirumuskan sesuai dengan judul.
-
Tujuan Khusus dirumuskan sesuai
dengan rumusan masalah.
Misalnya:
1)
Untuk mengetahui nilai moral kepada
orang tua dalam dongeng Cinderella
2)
Untuk memperoleh gambaran yang
objektif tentang nilai moral kepada orang tua
dalam dongeng Cinderella.
Kegunaan/Manfaat Penelitian
-
Dijelaskan manfaat penelitian, baik yang bersifat
teoritis maupun praktis.
-
Manfaat praktis= manfaat yang
dikaitkan dengan kepentingan praktis di lapangan, misalnya bagi kepala sekolah,
guru, siswa, orang tua, dan Dinas pendidikan.
-
Manfaat teoritis= manfaat yang
dikaitkan dengan pengembangan ilmu, misalnya bagi penulis buku dan peneliti
selanjutnya.
Definisi Istilah/Definisi Operasional
-
Definisi
operasional disebut juga definisi istilah atau penegasan istilah.
-
Artinya menjelaskan
dengan bahasa peneliti tentang istilah-istilah kunci yang digunakan dalam
penelitian.
Contoh:
Latar/setting
ialah gambaran tempat, waktu, dan properti yang digunakan tokoh dalam cerita.
BAB II KAJIAN PUSTAKA
-
Dijelaskan
teori-teori yang menjadi dasar pelaksanaan penelitian.
-
Cara menjelaskan
dapat dilakukan dengan cara:
a.
Mengutip setiap
pendapat lalu dijelaskan penulis, diakhiri dengan simpulan pilihan penulis.
b.
Mengutip
beberapa pendapat baru disimpulkan oleh penulis, diakhiri dengan simpulan
pilihan penulis.
-
Cara merujuk/mengutip sesuai dengan
pedoman (baik langsung maupun tidak langsung)
a.
Disebutkan nama
dulu: Sumanto (2003:14) …….
b.
Nama disebut
terakhir: .....… (Sumanto, 2003:14)
BAB III METODE
PENELITIAN
-
Pendekatan dan
jenis penelitian. Dijelaskan pendekatan kualitatif dan alasannya serta jenis
penelitian, misalnya etnografis, studi kasus,
interaktif, tindakan, partisipatoris.
-
Kehadiran Peneliti: Dijelaskan peran
peneliti sebagai instrumen kunci, dan perannya sebagai partisipan penuh,
pengamat pertisipan, atau pengamat penuh.
-
Lokasi penelitian: Dijelaskan tentang
karakteristik lokasi dan alasan pemilihan lokasi (misalnya dari segi
kemenarikan, keunikan, dan kesesuaian dengan topik yang dipilih)
-
Sumber Data: Dijelaskan jenis nada,
sumber data, dan teknik penjaringan data (misalnya apa datanya, bagaimana
karakteristiknya, siapa yang dijadikan subjek dan informan, dan bagaimana menentukan
instrumen.
-
Prosedur Pengumpulan Data: Dijelaskan
teknik pengumpulan data yang digunakan (misalnya observasi partisipatif,
wawancara mendalam, dan dokumentasi) dari segi fidelitas atau alat yang
digunakan (rekaman atau catatan lapangan) dan dari segi struktur (sistematika
dan struktur bahan wawancara atau observasi)
-
Analisis Data: dijelaskan teknik
analisis data yang digunakan, misalnya analisis domain, taksonomis,
komponensia, analisis mengalir/flow model of analysis, dan analisis
interaktif/ interactive model of analysis.
-
Pengecekan Keabsahan data/verifikasi:
Dijelaskan teknik verifikasi data yang digunakan, misalnya triangulasi (sumber,
metode, peneliti, teori), pembahasan sejawat, pengecekan.
-
Tahapan Penelitian: Dijelaskan
tahap-tahap yang meliputi tahap persiapan (studi literatur,pengembangan
disain), tahap pelaksanaan (pengumpulan data, analisis data, verifikasi dan
penyimpulan), sampai tahap penyelesaian (konsultasi pembimbing, revisi draf,
penggandaan, dan penyimpulan).
BAB IV PAPARAN DATA DAN TEMUAN
PENELITIAN
-
Berisi deskripsi hasil penelitian
yang diperoleh sesuai dengan topik/rumusan masalah. Temuan data dapat berupa
bentuk pola, tema, kecenderungan, motif yang disertai dengan
kutipan-kutipan/gambar data.
BAB V PEMBAHASAN
-
Pembahasan berisi uraian yang
menjelaskan hasil temuan dan relevansinya atau keterkaitannya dengan teori
sebelumnya yang dijadikan landasan penelitian.
BAB VI PENUTUP
-
Penutup berisi simpulan dan saran
-
Simpulan berisi ringkasan permasalah
dilengkapi dengan pendapat peneliti
-
Saran ditujukan untuk kepentingan
praktis (Kepala sekolah, guru, siswa, orang tua, Dinas Pendidikan) dan teoritis
(Peneliti selanjutnya, penulis buku).
DAFTAR RUJUKAN
-
Daftar rujukan berisi daftar sumber
rujukan/kutipan, baik yang berupa buku,majalah, internet, dan lain-lain.
-
Cara menulis dengan urutan nama
pengarang (jika dua/lebih kata nama belakang di depan) tahun terbit, judul
(cetak miring). Kota terbit: Penerbit.
Contoh:
Fachrudin, Mohammad Syahdan. 2007. Belajar Mengarang
Cerpen Remaja. Malang: YA3.
LAMPIRAN
Berisi:
-
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI
-
SURAT IZIN PENGAMBILAN DATA
-
SAMPEL INSTRUMEN
-
DATA KASAR
PERBEDAAN
PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF
Kuantiitatif:
-
Bertujuan menguji hipotesis (jika dua
variabel/lebih)
-
Teknik pengambilan data: survey, tes,
wawancara, task
-
Disain
penelitian spesifik dan ditentukan sejak awal.
-
Instrumen: tes dan nontes
-
Data berupa angka
-
Menggunakan istilah sampel dan
populasi
-
Hasil dapat digeneralisasikan
Kualitatif:
-
Bentujuan
memperoleh pemahaman, mengembangkan teori dan menggambarkan realitas.
-
Observasi, wawancara mendalam, studi
dokumentasi
-
Fleksibel, berkembang sesuai dengan
situasi lapangan.
-
Instrumen peneliti sendiri dan
peralatan elektronik
-
Data berupa verbal
-
Menggunakan
istilah data dan sumber data
-
Hasil bersifat kasuistis
PENELITIAN KUANTITATIF
Ciri-Ciri Umum:
-
Format cenderung
baku sesuai dengan gaya selingkung PT
-
Data berupa angka-angka
-
Pengolahan data dengan teknik
statistik
-
Menggunakan populasi dan atau sampel
-
Simpulan dapat digeneralisasikan
SISTEMATIKA
PENELITIAN KUANTATIF
Format Penulisan
Bagian Awal
-
Halaman Sampul
-
Halaman Judul
-
Lembar
Persetujuan
-
Lembar
Pengesahan
-
Abstrak Dan Kata
Kunci
-
Kata Pengantar
-
Daftar Isi
-
Daftar Tabel (Jika Menggunakan Tabel)
-
Daftar Gambar
(Jika Menggunakan Gambar)
-
Daftar Lampiran (Jika Ada
Lampiran-Lampiran)
Bagian Inti
-
BAB I
PENDAHULUAN
-
BAB II KAJIAN PUSTAKA
-
BAB III METODE PENELITIAN
-
BAB IV HASIL PENELITIAN
-
BAB V PEMBAHASAN
-
BAB VI PENUTUP
BAB I
PENDAHULUAN
-
LATAR BELAKANG MASALAH
-
RUMUSAN MASALAH
-
TUJUAN PENELITIAN
-
HIPOTESIS PENELITIAN (JIKA ADA)
-
KEGUNAAN
PENELITIAN
-
ASUMSI
PENELITIAN (JIKA DIPERLUKAN)
-
RUANG LINGKUP DAN KETERBATASAN
PENELITIAN
-
DEFINISI ISTILAH/DEFINISI OPERASIONAL
Latar Belakang
-
Dasar pemikiran peneliti (mengapa dan
bagaimana memilih topik penelitian.
-
Menunjukkan bukti-bukti empirik
penelitian sebelumnhya.
-
Teori yang
mendasari masalah yang diteliti.
-
Tujuan dan
masalah secara umum.
Rumusan
Masalah
-
Mengajukan
sejumlah pertanyaan yang bersumber dari masalah yang telah dipilih/dibatasi
-
Rumusan
masalah dinyatakan dalam bentuk pertanyaan atau pernyataan negatif.
Misalnya:
1)
Bagaimanakah prestasi belajar bahasa
Indonesia siswa kelas V SDN Tumpang tahun
pelajaran 2005/2006?
2)
Belum diketahuiprestasi belajar bahasa
Indonesia siswa kelas V SDN Tumpang tahun pelajaran 2005/2006?
Tujuan Penelitian
-
Tujuan
penelitian dirumuskan menjadi tujuan umum dan tujuan khusus.
-
Tujuan Umum
dirumuskan sesuai dengan judul.
-
Tujuan Khusus dirumuskan sesuai
dengan rumusan masalah.
Misalnya:
1)
Untuk memperoleh deskripsi tentang …
2)
Untuk memperoleh gambaran yang
objektif tentang …
Kegunaan/Manfaat Penelitian
-
Dijelaskan manfaat penelitian, baik yang bersifat
teoritis maupun praktis.
-
Manfaat praktis= manfaat yang
dikaitkan dengan kepentingan praktis di lapangan, misalnya bagi kepala sekolah,
guru, siswa, orang tua, dan Dinas pendidikan.
-
Manfaat teoritis= manfaat yang
dikaitkan dengan pengembangan ilmu, misalnya bagi penulis buku dan peneliti
selanjutnya.
Hipotesis Penelitian
-
Hipotesis dijelaskan jika penelitian
menghubungkan dua variabel atau lebih.
-
Variabel ialah
faktor yang bila diukur memberikan nilai yang bervariasi.
-
Variabel pada penelitian kuantitatif
ada 5 macam, yaitu:
-
Variabel bebas= variabel yang
merupakan penyebab timbulnya variabel lain.
-
Variabel terikat/bergantung= variabel
yang timbul sebagai akibat dari pengaruh variabel bebas.
-
Variabel moderator= variabel yang
dapat diamanti dan diduga ikut
berpengaruh pada variabel bebas dan variabel terikat.
-
Variabel kontrol= variabel untuk
menetralkan pengaruh terhadap variabel tergantung.
-
Variabel antara= Variabel yang tidak
dapat diamati tetapi berpangaruh pada variabel bebas dan variabel tergantung.
Asumsi
-
Asumsi = anggapan dasar atau
pernyataan umum yang tidak perlu dibuktikan kebenarannya.
Contoh:
1.
Siswa kelas V SDN Ngaglik 1 menggunakan
kurikulum 2004.
2.
Apresiasi sastra
terdapat dalam kurikulum SD 2004 kelas V SD.
Ruang Lingkup Dan Keterbatasan
Penelitian
Definisi Istilah/Definisi Operasional
-
Definisi
operasional disebut juga definisi istilah atau penegasan istilah.
-
Artinya
menjelaskan dengan bahasa peneliti tentang istilah-istilah kunci yang digunakan
dalam penelitian.
Contoh:
Latar/setting
ialah gambaran tempat, waktu, dan properti yang digunakan tokoh dalam cerita.
BAB II KAJIAN PUSTAKA
-
Dijelaskan
teori-teori yang menjadi dasar pelaksanaan penelitian.
-
Cara menjelaskan
dapat dilakukan dengan cara:
a.
Mengutip setiap
pendapat lalu dijelaskan penulis, diakhiri dengan simpulan pilihan penulis.
b.
Mengutip
beberapa pendapat baru disimpulkan oleh penulis, diakhiri dengan simpulan
pilihan penulis.
-
Cara merujuk/mengutip sesuai dengan
pedoman (baik langsung maupun tidak langsung)
a.
Disebutkan nama
dulu: Sumanto (2003:14) …….
b.
Nama disebut terakhir: ……… (Sumanto,
2003:14)
BAB III METODE PENELITIAN
-
Rancangan/Desain Penelitian (hanya untuk penelitian eksperimen, sedang lainnya hanya
dijelaskan jenis penelitian dari segi tujuan dan sifatnya, serta
variabel-variabel dan sifat hubungan antarvariabel dalam penelitian)
-
Populasi Dan Sampel (Yang Diibahas batasan tentang populasi/subjek penelitian,
besar populasi, batasan, teknik, dan prosedur pengambilan sampel, dan besarnya
sampel)
-
Instrumen
Penelitian (Instrumen dapat
berupa tes dan non tes). Jelaskan jenis, kisi-kisi, dan
ujicoba isntrumen: waktu, proses, validitas dan
reliabilitas instrumen)
-
Teknik Pengumpulan Data (dapat dilakukan dengan tes, penugasan, wawancara, angket,
cheklist). Jelaskan waktu, tempat, dan prosedurnya.
-
Teknik Analisis Data ( Jelaskan teknik statistik dan prosedur pengolahan data).
BAB IV HASIL PENELITIAN
-
Berisi deskripsi temuan hasil
penelitian permasalah sesuai dengan rumusan masalah
BAB V PEMBAHASAN
-
Pembahasan berisi uraian yang
menjelaskan hasil temuan dan relevansinya terhadap teori yang dijadikan
landasan dan hipotesis yang telah dirumuskan.
BAB VI PENUTUP
-
Penutup berisi simpulan dan saran
-
Simpulan berisi ringkasan permasalah
dilengkapi dengan pendapat peneliti
-
Saran ditujukan untuk kepentingan
praktis (Kepala sekolah, guru, siswa, orang tua, Dinas Pendidikan) dan teoritis
(Peneliti selanjutnya, penulis buku)
DAFTAR RUJUKAN
-
Daftar rujukan berisi daftar sumber
rujukan/kutipan, baik yang berupa buku,majalah, internet, dan lain-lain.
-
Cara menulis dengan urutan nama
pengarang (jika dua/lebih kata nama belakang di depan) tahun terbit, judul
(cetak miring). Kota terbit: Penerbit.
Contoh:
Fachrudin, Mohammad Syahdan. 2007. Belajar Mengarang Cerpen Remaja. Malang: YA3.
LAMPIRAN
Berisi:
-
Surat Pernyataan Keaslian Skripsi
-
Surat Izin Pengambilan Data
-
Sampel Instrumen
-
Data Kasar
PERBEDAAN
PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF
Kuantitatif:
-
Bertujuan menguji hipotesis (jika dua
variabel/lebih)
-
Teknik pengambilan data: survey, tes,
wawancara, task
-
Disain
penelitian spesifik dan ditentukan sejak awal.
-
Instrumen: tes dan nontes
-
Data berupa angka
-
Menggunakan istilah sampel dan
populasi
-
Hasil dapat digeneralisasikan
Kualitatif:
-
Bentujuan memperoleh pemahaman,
mengem-bangkan teori dan menggambarkan realitas.
-
Observasi, wawancara mendalam, studi
dokumentasi
-
Fleksibel, berkembang sesuai dengan
situasi lapangan.
-
Instrumen peneliti sendiri dan
peralatan elektronik
-
Data berupa verbal
-
Menggunakan
istilah data dan sumber data
-
Hasil bersifat kasuistis
No comments:
Post a Comment